Rabu, 10 Agustus 2016

Cave Tubing Goa Kalisuci Jogja

Wisata cave tubing Goa Kalisuci berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sekitaran 60km atau 1, 5-2jam perjalanan dari kota Jogja. Cave tubing di Goa Kalisuci ini sesungguhnya yaitu wisata Cave tubing yang pertama di Indonesia, jauh sebelumnya Goa Pindul mulai tawarkan wisata yang sama.



Untuk yang sukai sedikit pacuan adrenalin, menelusuri sungai bawah tanah didalam Goa Kalisuci ini begitu pantas dicoba. Arusnya condong lebih kencang dibanding dengan sungai didalam Goa Pindul.

Wisata cave tubing Goa Kalisuci ini dikelola oleh Pokdarwis (Grup Orang-orang Sadar Wisata) desa setempat, serta adalah wisata cave tubing pertama di Indonesia. Iya, bahkan juga sebelumnya Goa Pindul populer. Dimaksud “Kalisuci” lantaran ada mata air serta aliran sungai yang tetaplah jernih walau saat musim hujan.

Hingga di lokasi basecamp pengelola, untuk mengawali kesibukan seru ini, kita mesti menuruni tangga tebing bebatuan yang cukup curam. Serunya telah diawali mulai sejak perjalanan turun menuju pintu goa. Jalan turun dengan saat tempuh sekitaran 10 menit ini cukup menegangkan apabila terlebih dulu ada hujan. Seru!

Jarak tempuh cave tubing di Goa Kalisuci ini sekitaran 500m, dengan kedalaman air 1-3m. Memerlukan saat ±1, 5-2jam menyusuri keseluruhnya goa yang di tawarkan oleh wisata cave tubing Goa Kalisuci, dari mulai Goa Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, serta paling akhir Goa Mburi Omah.

Dalam wisata cave tubing Goa Kalisuci ini kita bakal ditemani oleh pendamping yang profesional. Terkecuali mengarahkan perjalanan, mereka bakal menerangkan potensi serta beberapa narasi apa sajakah yang dipunyai oleh Goa-goa yang dilalui.
Untuk keamanan, kita diharuskan menggunakan perlengkapan-perlengkapan yang sudah disediakan seperti helm pengaman serta jaket pelampung.

Di selama perjalanan susur sungai didalam Goa Kalisuci kita bakal temukan bebrapa panorama yang mengagumkan. Keindahan Stalaktit serta Stalakmit yang ada betul-betul bakal bikin kita terpukau oleh keindahan didalam perut bumi ini.

Untuk nikmati serunya cave tubing di Goa Kalisuci ini, kita butuh keluarkan duit untuk membayar HTM sebesar Rp. 75. 000, -. Tertarik untuk coba serunya wisata cave tubing Goa Kalisuci?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.